Jumat, 31 Agustus 2012

Seputar Kuliah Teknik Sipil

Supermbol | Jumat, 31 Agustus 2012 | 0 komentar
sumber:google
Ir. Soetomo seorang pelaksana proyek yang sedang melaksanakan proyek gedung bertemu dengan pak andi teman masa SMA dulu. Pak andi saat itu bersama dengan anaknya yaitu Jonathan yang baru lulus SMA dan ingin kuliah. Jonathan diberi kesempatan bertanya banyak hal oleh Ir.Soetomo. Berikut adalah percakapan mereka :

Jon : selamat sore, pak !
Ir.S : Sore juga Jon , saya dengar mau kuliah ya?
Jon : betul pak,
Ir. : mau ngambil jurusan apa ?
Jon : belum tahu pak !
Ir, : Lho, kok masih belum tau. Mau seperti saya ? (Insinyur gitu lochh..)
jon : bapak dulu kuliahnya jurusan apa pak ?
Ir, : saya kuliah di Jurusan Teknik Sipil Universitas Wiralodra
jon : memangnya yang dipelajari apa saja ? Nanti bekerjanya di bidang apa ?
Ir, : oh, Teknik Sipil itu mempelajari tentang bangunan – bangunan yang berhubungan dengan kebutuhan masyarakat atau sipil
Jon : berarti yang berhubungan dengan sarana dan prasarana ya pak? Contohnya?
Ir, : iya, betul. Contohnya seperti berikut :
      1. konstruksi gedung bertingkat
      2. konstruksi jalan dan jembatan
      3. konstruksi bangunan air
      4. sistem transportasi,
      5. dan lain2

jon : wah, hebat ya pak ! Belajarnya pusing ga tuh ??
Ir, : hehehe... kalau dibikin pusing, ya pusing. Tapi sudah banyak yang lulus tuh, brarti ga pusing ! Gimana jon, tertarik ?
Jon : menarik juga sih pak, tapi saya takut tidak bisa mengikuti perkembangan kuliah. Ada saran – saran yang bisa membuat saya semakin paham tentang dunia teknik sipil Pak ?
Ir, : oke2, saya paham maksud kamu jon. Maksudnya materi kuliah per semester membahas apa saja kan ?? terus bidang kerjanya apa saja toh ? begitu maksudnya...
jon : betul sekali pak !!
Ir, : oke, saya terangkan soal perkuliahan dulu ya.
jon : Monggo pak !!
Ir, :standar kurikulum sarjana S1 harus ditempuh selama 8 semester atau 4 tahun. Kalau dulu mata kuliah di Teknik Sipil dikelompokkan menjadi berikut :
  1. Mata Kuliah Umum (MKU)
  2. mata kuliah dasar (MKD)
  3. mata kuliah dasar keahlian (MKDK)
  4. mata kuliah keahlian (MKK)
jon : wah, saya tambah ga ngerti pak ?!
Ir, : tenang dulu, akan saya jelaskan
jon : oke2 pak, silahkan pak ..
Ir, : tapi tunggu sebentar ya, saya mau lihat proyek dulu...

setelah beberapa saat percakapan pun dimulai kembali
Ir, : oke, jon. Maksudnya begini,
  • MKU merupakan mata kuliah umum lokal atau institusi yang harus ditempuh, seperti : pendidikan agama, bahasa inggris, dll.
  • MKD merupakan mata kuliah dasar sebagai prasyarat untuk menempuh mata kuliah MKDK, seperti : kalkulus, fisika, mekanika rekayasa, mekanika bahan, dll.
  • MKDK merupakan mata kuliah dasar keahlian yaitu mata kuliah dengan muatan dasar – dasar keahlian seperti : struktur baja, beton, dan kayu dan juga lainnya.
  • MKK merupakan mata kuliah dengan muatan keahlian bidang tertentu, seperti : beton prategang, bendungan, dll.
Oke, gimana jon ada yang mau ditanyakan lagi ?
Jon : oke, pak. Saya sedikit paham sekarang, nanti saya tanya2 lagi ya pak. Saya kira sudah cukup untuk hari ini, besok saya tanya2 lagi lebih detail ya pak! Termasuk proyek yang sedang bapak kerjakan.
Ir, : Oke,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda (yang santun ya..)